Seputar Dalil dan Hukum Aqiqah CS 085648676667

Seputar Tentang Aqiqah
Dalil Aqiqah :
dari salman bin ‘amir adh dhaby, dia berkata, rasulullah bersabda, “aqiqah dilaksanakan karena kelahiran bayi, maka sembelihlah semua gangguan darinya.” (HR. Bukhari)


Hukum Aqiqah
Hukum Aqiqah adalah sunnah muakkadah, walaupun orang tua sang bayi dalam keadaan kesusahan. Aqiqah dilakukan oleh rasulullah SAW. dan para sahabat beliah, pendapat ini didukung oleh imam malik, imam syafi’i, imam ahmad, imam ishaq, imam abu tsaur, dan imam thabari al laits, abu daud, hasan bashri, buraidah al salami, abu zamad berpendapat bahwa hukum aqiqah adalah wajib sebagaimana hukum qurban. Hanya saja pada saat beraqiqah tidak boleh digabungkan dengan qurban.
Pengertian aqiqah dari segi syara’ ialah binatang yang disembelih pada hari mencukur rambut bayi. Aqiqah bagi bayi yang baru lahir adalah salah satu ibadah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.
Nabi SAW bersabda :
“Setiap anak yang baru lahir mempunyai tanggungan dengan memenuhi aqiqahnya, yaitu disembelihkan atasnya binatang pada hari ketujuh, dicukur rambutnya dan diberikan nama padanya.” (HR Nasa’i, Ibnu Majah dan Tirmidzi)
Aqiqah Berkah Pare Kediri
Hadits lain yang disampaikan oleh Ummu Kurz bahwa ketika ia bertanya pada Nabi Muhammad SAW tentang aqiqah, lalu beliau bersabda :
“Anak laki-laki disembelihkan dua ekor kambing dan anak perempuan seekor kambing dan tidak mengapa kambing itu jantan atau betina.” (HR Tirmidzi).
Sahabat Aqiqah Berkah yang dirahmati Allah. Aqiqah merupakan ibadah sebagai bukti syukur atas nikmat dan kebahagiaan lahirnya anak ke dunia. Bukti cinta kasih dan rasa syukur ini diwujudkan dengan bentuk memberi makanan kepada banyak orang, sebagaimana kutipan dalam Al-Quran, “Dan terhadap nikmat Tuhanmu, hendaklah engkau nyatakan (dengan bersyukur).” (QS Adh-Dhuha [93] : 11)
Keutamaan Melaksanakan Aqiqah
Aqiqah memiliki keutamaan serta hikmah dalam melaksanakannya, sebagaimana yang diriwayatkan oleh Samurah bahwa Nabi SAW bersabda :
“Setiap anak yang baru lahir itu terpelihara dengan Aqiqahnya yang disembelih hewan untuknya pada hari ketujuh kelahirannya, ia dicukur dan diberi sebuah nama.”
Berdasarkan keterangan hadist di atas, bahwa pada hakikatnya Allah SWT akan melindungi anak dari segala macam bahaya yang menimpanya dengan Aqiqah yang telah diberikan untuk anak. Sebagaimana kita ketahui bahwa pada usia-usia bayi, anak sangat rentan dari bahaya yang menimpanya, karena pada saat itu daya tahan tubuhnya belum stabil.
Hikmah yang didapatkan ketika melaksanakan aqiqah diantaranya :
  1. Merupakan pengorbanan yang akan mendekatkan anak kepada Allah SWT pada awal menghirup udara kehidupan.
  2. Merupakan penebusan bagi anak dari berbagai musibah dan kehancuran.
  3. Merupakan bayaran hutang anak untuk memberi syafaat pada kedua orang tuanya.
  4. Sebagai media menumpahkan rasa gembira dengan melaksanakan syariat Islam.
  5. Dapat memperkuat ikatan cinta atau persaudaraan diantara warga masyarakat, yang mana mereka akan berkumpul dan bergembira menyambut kelahiran putra saudaranya.


Nah, dalam upaya membantu kelancaran aqiqah putera puteri khususnya di wilayah Kediri. Kini Aqiqah Berkah membuka layanan aqiqah khusus untuk membantu melayani aqiqah umat muslim di wilayah Pare Kediri.
Aqiqah Berkah Kediri menyediakan paket nasi box aqiqah dan paket kambing matang dengan pilihan sate atau gulai, InsyaAllah kami Jasa Aqiqah Kediri yang amanah
TAGS : aqiqah berkah kediri - Layanan aqiqah Kediri - Jasa aqiqah di Kediri - aqiqah Nasi Kotak Kediri - harga aqiqah di Kediri - harga kambing Aqiqah Kediri - Paket aqiqah Kediri - Tempat aqiqah area Kediri - Pesan Aqiqah di Kediri - Pesan Masakan Aqiqah Kediri 2018 - paket aqiqah kediri Jatim - Katering Aqiqah di Kediri - Aqiqah Siap Saji Kediri - paket aqiqah Mandiri Kota Kediri
Layanan Kota : Nganjuk, Jombang, Tulungagung, Blitar, Madiun, dan Sekitarnya
 aqiqah kediri, aqiqah nganjuk, aqiqah blitar, aqiqah tulungagung, aqiqah jombang, aqiqah trenggalek, aqiqah madiun, harga aqiqah di kediri, paket aqiqah kediri, harga kambing aqiqah di kediri, paket aqiqah di pare kediri, jasa aqiqah di kediri, aqiqah bunayya, sari rasa, nurul hayat, layanan aqiqah siap saji kediri, catering aqiqah di kediri, aqiqah nasi kotak kediri, aqiqah kota kediri, harga kambing qurban kediri, paket aqiqah blitar, alamat aqiqah kediri, kambing guling kediri, jasa aqiqah kediri, aqiqah bunayya kediri aqiqah bunayya kediri, jawa timur aqiqah kediri (nurul hayat) kediri jawa timur aqiqah sari rasa kediri jawa timur aqiqah kediri (nurul hayat) kecamatan kota kediri, jawa timur aqiqah kediri( nurul hayat) kediri, jawa timur 64122 aqiqah parekediri aqiqah kediri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar